Arsip | Umum RSS for this section

Esensi Qurban | Ustadz @bachtiarnasir


kita semua adalah sekumpulan orang-orang hina dan penuh salah di hadapan Allah ‘azza wajalla. Kita semua adalah sekumpulan orang yang memilik potensi kebinatangan diri, yang kadang menang melawan kebinatangan itu, namun kadang juga mengalami kekalahan.

lalu, predikat hamba-hamba yang terbaik kalau sudah bisa menyembelih sifat ‘kebinatangan’ yang ada dalam diri.

 

Maaf :(


Yaa Allah… maafkan hamba yang sering tdk merespon sms. Padahal itu sms penting….

maafkan hamba yaa Rabb…. :(((

T.T

*setelah ngecek inbox ternyata ada belasan sms penting yg nggak dibales…. T.T

tentang rasa


aku menyebutnya bertumbuhan. karena ia tumbuh secara tiba-tiba, dalam jumlah yang banyak.

senja.09.09.14

Memaafkan Masa Lalu, Memaknai Hijrah Seutuhnya


reblog ya kak 🙂

.kata.frasa.asa.

Beberapa waktu lalu seorang kawan lama menemui saya dan berkata, “Zulfah, ****** (menyebutkan nama seseorang, yang tak lain adalah mantan pacar saya. Astaghfirullaahal’azhiimAmpuni saya Yaa ALLAH.. 😥 )sekarang pacaran sama ***** yaa? (menyebutkan nama salah seorang teman yang juga saya kenal).”
Saat itu saya cuma tersenyum dan bilang, “Aduuuh.. nggak tau yaa. Hehee..”
Lalu dia tanya lagi, “Emang udah nggak pernah kontakan yaa sama kamu? Kamu nggak penasaran, gitu? Nggak pengen tau kabarnya dia sekarang?”
Lagi-lagi saya tersenyum dan cuma bisa menjawab dalam hati, “Ya kalaupun kontakan ya nggak ngomongin itu lah yaa.. Buat apa juga saya kepo-in hal-hal macem gitu?”

Itu bukan pertama kalinya saya ditanya tentang hal serupa. Mantan pacar yang punya pacar lagi?
Saya bukan sama sekali tak peduli. Jujur, selalu ada kesedihan terselip di hati saya kalau dengar itu.
Bukan sedih karena patah hati sejadi-jadinya gara-gara dia udah bisa move on, trus punya…

Lihat pos aslinya 1.214 kata lagi

#17 Tengah Purnama


bukan pada apa yg sedang kau pikirkan….. tapi apa yang harus kau siapkan…..

Ada banyak momen-momen dalam kehidupan ini yang harus disiapkan dari sekarang. tentang masa depan. tentang kehidupan dunia maupun akhirat.

Menyiapkan segala bekal sebaik-baiknya karena hidup yang dijalani hari ini akan berdampak suatu saat nanti bagi masa depan kehidupan kita kelak.

Kita bersiap diri menuju hari esok. Menuju masa-masa yang entah sampai kapan kita ada di dunia ini. Menyiapkan bekal sebanyak dan sebaik-baiknya.

Dan… Di tengah purnama ini, semoga kita selalu siap dengan amal-amal yang terbaik untuk bertemu denganNya. Menyiapkan bekal terbaik sebelum ia pergi berlalu meninggalkan kita.

Sampit.17.Ramadhan1435

#14 Ia bersemi di bulan suci


Ia bersemi di bulan suci. Datang menyapa di waktu yang istimewa.

Ia bersemi di bulan suci. Hadir mengisi ruang-ruang kosong di bilik hati.

Ia bersemi di bulan suci. Tumbuh merekah mewarnai bulan penuh berkah.

Ia bersemi di bulan suci. di tempat istimewa. pada waktu yang istimewa. dengan cara yang istimewa pula.

Banjarmasin.14.Ramadhan1435H

#12 Kita bersama dalam do’a


Semoga Allah selalu menjaga hati-hati kita. Menguatkan langkah perjuangan kita. Menghimpun semangat untuk perbaikan segala yang kurang dari kita.

Semoga Allah karuniakan keberkahan dalam setiap ikhtiar kita, ketenangan dan keikhlasan dalam hidup dan kehidupan kita.

Semoga Allah selalu menjaga kita dalam do’a….. untuk kebaikan….

Banjarmasin.12.Ramadhan1435H.

#11 Random


Baru inget, tanggal 10 kemarin kelewat…. 🙂

Kemarin itu lg hectic banget, seharian di kantor lg bnyk kasus, pulangnya langsung persiapan jadi saksi. Ngurus berkas surat mandat dll serta mencari lokasi TPS yang entah dimana. Sebagai orang baru, sy belum begitu hafal daerah sini, jadilah sampe abis tarawih baru nemu alamat TPS nya.

Dan..,, ditambah lagi sy ada janji untuk nelpon seseorang hari itu juga. kalau nelpon tmn sih biasa aja, ini mau mencet nomernya aja pake bismillah tiap nomer -__-”

dag.dig.dug bener2 kyk lg mimpi. Pas telpon diangkat, langsung kata-kata yg udah disiapin lupa seketika., 😦 dan untungnya pembicaraan cuma sebentar. Jadinya gak terlalu keliatan gugupnya.

Alhamdulillah, semua berjalan lancar. Tinggal terus berdo’a tetap diberi keberkahan dalan setiap ikhtiar yang dijalani.

Banjarmasin.11.Ramadhan1435H

*lg tugas mengamankan suara*
#SelamatkanIndonesia

#08 Menjadikan hidup lebih hidup dengan al-Qur’an


Berikut ini. Sharing Taujih ustadz Riyadhus Sholihin yang mengisi kajian di Masjid Nurul’Ashri tadi pagi….

Sumber: berbagai BC di grup whatsapp… terimakasih untuk semua yg membroadcast ya.

Menjadikan hidup lebih hidup dengan Al-qur’an…Al ahyaun maal qur’an.

Maka kita harus merintis seterbatas apapun diri kita agar jiwa kita ini hidup, tidak mati.

Ikhtiar yang pertama adalah:

1. Kita menyambut hidayah Al Qur’an itu dengan sambutan yang hangat, tidak bersama Al Qur’an berarti ia dalam kesesatan. ALLAH menyebut hidayah Al qur’an 47 kali. Salah satu cara menyambutnya adalah dengan haqqoh tilawatih.
Salafush sholih saat bulan ramadhan fokus mencari hidayah qur’an, agar jiwa manusia itu hidup.
Bagi yang sudah masuk dalam dunia tahfidzul qur’an terasa dukanya. Saat mulai menghfal terasa jumpalitannya. Dibuka lagi, lupa lagi, dibuka lagi lupa lagi. Saat menghafalnya saja sudah susah, harus dibarengi dengan bangun malam, belum lagi setorannya, satu dua halaman dicapai dengan susah payah. Sebelum setoran dunia terasa sempit setelah setoran legaaa luar biasa.
Harus di dahului perjuangan dengan sholat panjangnya.
Menjadi generasi robbani, menjadi sehat pikiran kita, menjadi bening akal kita, menjadi tajam bashirah kita dengan Al qur’an.
Ada proses siap berlama-lama bersama qur’an, ada proses sedikit waktu tidurnya d waktu malam, ada proses membaca qur’an dengan tartil.cek surah Al muzammil. Kita harus merintis bisa menikmati Membaca al qur’an di saat qiyamul lail. Masih senang hitungin halaman, ada yg kalau buka qur’an masih senang lihat indeksnya dulu. Kalo kita tidak siap dengan suka dukanya, berarti kita tidak siap menghidupkan jiwa kita dengan qur’an.

Bila kita tidak siap bersama dalam halaqoh halaqoh al qur’an maka itu merupakan aib imani. Rintislah jiwa yg tidak pernah puas dengan al qur’an. Ketika sudah selesai ali imran, sudah rindu annisa, selesai annisa sudah rindu al maidah, dan seterusnya.

Maka saat kita bisa menikmati suka duka bersama al qur’an, Allah akan berikan apresiasi. Saat kita siap bermujahadah, siap tilawah yang banyak, maka di syurga ia akan berkata segala puji bagimu yang menghilangkan sedih ini. Masih dilanjut lagi hari ini kita tidak letih lagi karena di dunia kita sudah letih bersama al qur’an.

Al qur’an hanya akan memberikan rahasianya pada para sahabatnya, dan bersahabat berarti hafalkan qur’an, jangan sampai seumur hidup kita hafalan kita masih juz 30 saja. Alangkah malunya ketika bertemu Alloh kita tak punya syafaat apa apa T.T

Ada kotoran-kotoran dalam jiwa kita yang tidak mungkin dibersihkan oleh orang lain, tidak cukup membersihkan diri kita hanya dengan taujih, hanya dengan infak, ada sifat bakhil dalam diri kita, ada sifat keluh kesah yang itu hanya bisa dibersihkan oleh kebersamaan bersama Al qur’an, dan saat kita lemah bersama al qur’an berarti proses pembersihannya akan lemah pula

: Kholash alhamdulillah

Jogja-Banjarmasin.08.Ramadhan1435H

#07 Allah Maha Tahu pilihan mana yang tepat bagi kita…


Akan ada satu masa dimana tawakkal adalah jalan terakhir atas ikhtiar yang sudah dilakukan.

Akan ada satu masa dimana kepasrahan akan menjadi sikap yang terwujud seiring dengan lahirnya keikhlasan.

Akan ada satu masa dimana tak ada kata lain terucap selain, “ikut dan ikhlas dg keputusanNya, apapun hasilnya nanti.”

Allah Maha Tahu keputusan mana yang terbaik. Allah juga Maha Tahu pilihan mana yang tepat. Bagi kita……..

Jogja.07.Ramadhan.1435H

#04 Ikhlas apapun hasilnya


Pilihan kita, pada saatnya nanti akan ‘berhadapan’ dengan ketetapanNya. Apakah keinginan dan harapan sudah sesuai dengan kenyataan.

Manusia hanya berusaha, apapun hasilnya, itulah yang terbaik baginya (dan efeknya baik juga untuk orang lain). Selama kita memiliki ruang di hati untuk mengikhlaskan, insya Allah semua yang Allah kehendaki pasti akan diterima dengan kesyukuran. Sebab, tak mungkin Allah memilihkan yang salah.

Selain ikhtiar, do’a adalah penyambung antara keinginan manusia dan kehendakNya. Do’a adalah penguat harapan, pengiring kesyukuran. Tak ada do’a yang tak didengar olehNya. Hanya mungkin kita saja yang tidak terlalu peka bahwa Allah sudah mengabulkan do’a-do’a kita dalam bentuk jawaban yang lain yang tidak kita sadari.

Mengikhlaskan apapun yang terjadi, adalah salahsatu kunci hidup bahagia. Keinginan boleh saja tak sesuai dengan kenyataan. Tapi, toh pasti akan Allah ganti dengan yang jauh lebih baik lagi.

Berat memang, belajar untuk ikhlas. Tapi paling tidak mulai saat ini. Saat akan melakukan ikhtiar apapun, sediakan ruang di hati untuk belajar tentang keikhlasan. Agar tak terlalu kecewa bila hasilnya nanti tak sesuai harapan.

Banjarmasin.04.Ramadhan1435H

MTT – Asma Nadia


#clip00

#clip01

#clip02

#clip03

 

riweuh…


setidaknya itu kata sederhana yang bisa menggambarkan akumulasi beragam rasa yang menyelimuti hari-hari satu pekan terakhir ini….

sampai-sampai saya terpaksa membuat status BB untuk pertamakali sejak setahun lalu pakai BB….

riweuh…. berurusan sama polisi itu bikin pening. Ditambah tanggal 21-25 adalah jadwal keriweuhan tiap bulan. banyak deadline blm kelar karena harus bolak-balik kantor polisi… 😦

#(()%%#@(&\~!~^’^”\/’>'<

jangan merasa besar dengan mengecilkan orang lain…


jangan menjadi tinggi dengan merendahkan orang lain…

jangan merasa besar dengan mengecilkan orang lain…

jangan merasa berjuang sendiri, dengan menyikut dan menyingkirkan orang lain…

jangan merasa diri sudah baik.. dengan menjelek-jelekkan orang lain…

jangan merasa paling berjasa dengan mencemooh kerja keras orang lain…

jangan merasa diri paling pintar.. dengan membodohi orang lain…

 

Ust. Bachtiar Nasir – Visi Umat Rasulullah


Kejahatan yang paling jahat, kekejian yang paling keji adalah ketika kita menggunakan rezeki dari Allah justru untuk melawanNya. Kebodohan yang paling bodoh adalah ketika kita mengetahui bahwa Allah memberikan kekuatan dan kekuasaan pada kita, namun kita gunakan untuk menjauh dari Allah.

[Tonton Deh] Inspirasi Keluarga Al-Qur’an (hilya)


[Tonton Deh] Inspirasi Keluarga Al-Qur’an (hilya)
~AQL Islamic Center

‘ De Winst ‘ #1


Asiik… Cinta itu tak sekedar dicari, tapi juga ditumbuhkan.

6 tahun berlalu…


sudah 6 tahun ya? maaf saya tak bisa merawatmu dengan baik. maaf kalau kamu hanya diisi dengan coretan-coretan usang. tapi setidaknya kamu telah menjadi bagian perjalanan yang telah merekam sedikit tentang rasa, kenangan, amarah, cinta, kecewa dan harapan.

masih ingat pertama kali nulis di blog ini, ketika di perpus sekolah jelang akhir perpisahan. sebetulnya kamu tempat ketiga yang saya corat-coret setelah blogspot dan blogsome sejak kelas 1 aliyah. tapi di akhir masa persekolahan saya memutuskan kamu yang akan menjadi teman setia berbagi sampai masa kuliah dan sampai entah kapan.

kamu sempat dilupakan, kamu sempat dicampakkan selama beberapa bulan. saat saya beralih ke multiply. ahh untungnya multiply sangat pengertian sekali. dia sekarang sudah tidak ada lagi, sehingga saya tak perlu menghapus semua jejak-jejak tentang apa yang disebut #ehm.

beberapa kali beralih ke tumblr, tapi ternyata tak lebih nyaman bila menulis di sini, iseng2 dan ikutan teman sekolah krn  banyak yg pakai tumblr.

mungkin suatu saat di titik waktu tertentu, akan ada postingan terakhir saat saya tak bisa menulis lagi. saat seorang pemilik blog ini tak lagi ada di dunia tanpa sempat mengucap kata pamit di postingannya.

salam….

 

……..


katanya, seseorang menulis karena dua hal… ada sesuatu yang sedang ia rasakan dan ada hal yang ingin ia sampaikan pada orang lain. oke.. sudah hampir sebulan lagi males nulis karena memang tak ada yang sedang di’rasa’kan…