Arsip | Insan Cendekia RSS for this section

Pengumuman 15 Siswa IC Diterima di ITB


Lima belas siswa MAN Insan Cendekia Serpong berhasil diterima di Institut Teknologi Bandung melalui jalur PMBP 2010.
Berikut adalah daftar nama-nama siswa tersebut beserta pilihan fakultas/sekolah-nya.

1. Affina Musliha (Sekolah Farmasi)
2. Ahsana Nadia (Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati)
3. Aliffia Arrahman (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika)
4. Annisa Anindita (Sekolah Teknik Sipil dan Lingkungan)
5. Aprima Dheo Denisiano (Fakultas Teknologi Industri)
6. Diina Qiyaman Mushoddiqoh (Fakultas Teknologi Industri)
7. Elza Surya Athory (Sekolah Teknik Sipil dan Lingkungan)
8. Garda Yulada Asyuhur (Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan)
9. Hafidz Alhaq Fatih (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika)
10. Hilfy Amri (Sekolah Teknik Sipil dan Lingkungan)
11. Luthfi Nur’Afifah (Fakultas Teknologi Industri)
12. Muhammad Agil Saelan (Fakultas MIPA)
13. Nadya Maraya Putri (Fakultas Teknologi Industri)
14. Sa’ad Abdurrahman (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian)
15. Tia Utami (Sekolah Farmasi)

33 Siswa IC Diterima di UGM


Tiga puluh tiga siswa MAN Insan Cendekia Serpong diterima di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta melalui jalur Ujian Tulis – Ujian Masuk (UTUL-UM) UGM.
Berikut adalah daftar nama-nama siswa tersebut beserta pilihan program studi-nya.


1. AMINUL FIKRI – Teknik Elektro
2. MUHAMMAD LUQMAN NUR ROUF A – Teknik Nuklir
3. BASTIAN ARIF WICAKSANA – Teknik Mesin
4. ZAIM ISYRAQIZH ZHAFARI – Pend. Dokter Gigi
5. IMROATUL MUKHLISHOH – T. Industri Pertanian
6. HAPPY NUR AFNI ROUDHIYAH – Ilmu Hama dan Peny. Tumbuhan
7. SITI NUR AINI – Fisika Teknik
8. MUHAMMAD AFNAAN SUBHI – Teknik Industri
9. RIZAL FRIANSYAH – Fisika Teknik
10. MUTIARA AZHARA NURWANTI – Gizi Kesehatan
11. DIMAS JALALUDDIN AHMAD – Teknik Elektro
12. CECEP UMAR FAROUQ – Teknik mesin
13. HASSAN HADI – Kimia
14. SHABRINA TAMIMI – Arsitektur
15. MOH. DARUS SALAM – Gizi Kesehatan
16. FEBI YUSNIYANTI – Kimia
17. ARIF SUDIONO – Ilmu Komputer
18. JAZILUL ATHOYA – Ilmu Komputer
19. ISMAIL ABDUS SHOBAR – Teknik Mesin
20. IRSYAD RAHMANUDIN – Farmasi
21. MIFTAHURROHIM – Teknik Kimia
22. FIRDAUS IBNU ROMADHON – Teknik Elektro
23. MIRZA MUHAMMAD HANIF – Teknik Elektro
24. FATHATI RIZKIANI MIGWA – Teknologi Pangan
25. MAR’ATUSH SHOLIHAH – Teknologi Informasi
26. ANNISA RATNA NURILLAH – Kehutanan
27. M. FAHMI BAHAR – Psikologi
28. M. DIBA AZMI SYARIF – Teknik Industri
29. HALIMATU SYADIAH – Sosiologi
30. AHMAD MURSAD – Ilmu Sosiatri
31. TAUFIK – Administrasi Negara
32. FIRMAN IMADUDDIN – Hubungan Internasional
33. SOFFAN ARDIKA – Manajemen

Madrasahku


Barusan abis liat-liat web sekolah yang udh lama banget ga saya kunjungi. apalagi sekolahnya, udah setahun lebih ga diliat-liat. (nanti deh ya, kalo sempet, abisnya kalo mau berkunjung ke sana bisanya pas liburan, dana pasti sepi banget). Ada satu hal menarik yang saya baca dalam web sekolah saya dulu (tepatnya Madrasah a.k.a ‘Penjara Suci’), yaitu tentang pengumuan seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN). Meski hanya tingkat Kabupaten, namun inilah pertarungan yang sebenarnya. Pengalaman saya dulu waktu ikut, (yah, meski ga lolos jg), seleksi kabupaten ini (Tangerang) lebih ketat dan lebih menantang dibandingkan seleksi tingkat provinsi Banten. Kenapa? Karena di Kab. Tangerang inilah, tempat ‘berkumpulnya’ sekolah-sekolah unggulan di Banten. Sehingga kalau sudah lolos seleksi tingkat Kabupaten, maka langkah selanjutnya akan relatif lebih mudah, (tapi tetep aja susah, hehe)..
Apa yang telah ditoreh siswa-siswi Insan Cendekia telah mengangkat citra “Madrasah”. Tidak hanya tingkat nasional, namun juga Internasional. Terbukti dengan diraihnya emas Olimpiade Fisika Internasional dan Perunggu Olimpiade Biologi Internasional oleh siswa-siswa Insan Cendekia.
Salut juga, buat adik2 Nozomika, kalian telah membuktikan kepada kami selak kakak kelas, bahwa kalian BISA. Dulu, mungkin ada diantara kami yang meragukan itu, karena perubahan sistem administrasi sekolaha yang berubah sangat drastis. Namun saat ini, kalin mapu membuktikannya. Selamat berjuang, Jalan itu masih Panjang……

Berikut hasil dan Peringkat seleksi itu:

Matematika:

1. ARCHIE PUSAKA——SMA ORA et LABORA
2. CHRISTOPER ANDRIAN—SMAK PENA6UR GS(BC)
3. JEREMIAH RIKER GUNAWAN—SMAK PENABUR GS (RG)
4. JENNIFER SANTOSO—SMAK PENABUR GS (RG)
5. VINCENSIUS YANDI ARI PUTRA— SMAK PENABUR GS (BC)
6. THEO ARIANDI—SMAK PENABUR GS (BC)
7. SITI NURAINI —— MAN INSAN CENDEKIA
8. MUHAMMAD AGIL SAELAN —– MAN INSAN CENDEKIA

Komputer:

1. LUSIA KRISTIANA P—-SMAK PENABUR GS (BC)
2. FAIZ ILHAM M —- MAN INSAN CENDEKIA SERPONG
3. DIMAS JALALUDDIN AHMAD —– MAN INSAN CENDEKIA SERPONG
4. JAZILUL ATHOYA —— MAN INSAN CENDEKIA SERPONG

5. ANDRI RAHMAT WIJAYA—SMA KHARISMA BANGSA
6. HAFIDZ AlHAQ FATIH —- MAN INSAN CENDEKIA SERPONG

Fisika:

1. APRIMA DHEO D —– MAN INSAN CENDEKIA SERPONG
2. THEO ARIANTO——SMAK BPK PENABUR GS
3. YOUNGKY WANADI—SMAK BPK PENABUR GS
4. ERWIN WIBOWO—SMAK BPK PENABUR GS
5. AHMAD ARINALDI—SMA AL-AZHAR BSD
6. HAFIDZ INFRA G — MAN INSAN CENDEKIA SERPONG

Kimia:

1. KELVIN TIMOTIUS—SMAK BPK PENABUR GS
2. MANOEL YOHANES MANUPUTY—SMAK BPK PENABUR GS
3. ILONA CHRISTY—SMAK BPK PENABUR GS
4. RAYMOND ADRIEL—SMAK BPK PENABUR GS
5. VONNY CAROLINE—SMAK BPK PENABUR GS
6. GARDA YULADA ASY-SYUHUR — MAN INSAN CENDEKIA SERPONG
7. DHUHAA AUGA MULIACITA—SMA BINA NUSANTARA
8. OKKY HUSAIN—SMA BINA NUSANTARA

Astronomi:

1. MIRZA M. HANIF —- MAN INSAN CENDEKIA SERPONG
2. ADITYA KUSUMA W — MAN INSAN CENDEKIA SERPONG
3. MUHAMMAD DIBA AZMI SYARIF — MAN INSAN CENDEKIA SERPONG

4. DAVID GEOVANI—SMAK PENABUR
5. STEVEN SUWANA—SMAK PENABUR
6. EMIR HIDAYAT—SMAN 1 PAMULANG

Kebumian:

1. MUHAMMAD HASBI — MAN INSAN CENDEKIA SERPONG
2. NURUL SUKMA MUSTAFA HAJI—SMA KHARISMA BANGSA
3. KAMIL ISMAIL — MAN INSAN CENDEKIA SERPONG
4. WADATURRAHMAN — MAN INSAN CENDEKIA SERPONG

5. ALUTSYAH LUTHFIAH—SMAN 1 CISAUK

Ekonomi:

1. MUHAMMAD ARDITYA R — MAN INSAN CENDEKIA SERPONG
2. WALID ANANTE D — MAN INSAN CENDEKIA SERPONG

3. MAYA CHINTYA SALIM—SMA SANTA URSULA
4. PUTU DEA KARTIKA PUTRA—SMA SANTALAURENSIA
5. FARAH DIBA ARIANTIE — MAN INSAN CENDEKIA SERPONG
6. MUHAMMAD ANDIRA BERMANA — MAN INSAN CENDEKIA SERPONG
7. MERLYUN PERMATA MARTIN—SMA SANTA LAURENSIA

Makrab IAIC Jogja


2 hari yang lalu, tepatnya tanggal 22-23 Nopember 2008 telah diadakan kegiatan Makrab Ikatan Alumni Insan Cendekia (IAIC) wilayah Jogja. Kegiatan yang berlangsung 2 hari itu diselenggarakan di Wisma Senantiasa, Kaliurang.

Acara yang dihadiri oleh Ketua Dewan Presidium IAIC (Abdullah Arifianto) tersebut diikuti oleh 4 Angkatan: FN, Sansa, Morganaxis, dan Ascova dengan agenda:

1. Agenda Wajib Makrab: Pembekalan buat Alumni 2008
2. Pelantikan Ketua IAIC Jogja 2008-2009: Riza Avriansyah
3. Pendalaman/Diskusi tentang IAIC
4. Sharing Perkembangan IAIC

NB: Hayo yang blm byr iuran jgn lupa ya…

Ascova Surabaya


Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
1. Febry Firghani Oemry__(Teknik Perkapalan)
2. Selma Arinawati Afifa__(Teknik Arsitektur)

Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)
1. Amora Fadila______(Fakultas Kedokteran)
2. Shaumy Saribanon__(Fakultas Kedokteran)
3. Siti Zahra Ni’mah_(Fakultas Kedokteran)

Universitas Airlangga (UNAIR)
1. Aditya Pradana___(Fakultas Kedokteran)
2. Rofida Latifah____(Fakultas Kedokteran)

_______
yg tau jurusan’y tlg kasi tw.

.::One Wish::One Spirit::One Ascova::.

Ascova LN


Roswitha Muntiyarso (NTU, Singapore)
Anri Pristidianita (Japan)
Ilva Hanun Harlisa (Monbusho)

Universitas Udayana:
1. Shintia Praisra

Universitas Diponegoro:
1. Nafilani Enfar

Ascova Jakarta


Fakultas Kedokteran:
1. Hilman Zulkifli Amin
2. Ikhsan
3. M.Faris Afif

Fakultas Kedokteran Gigi :
Anindyajati Nuralifiana

Fakultas Psikologi:
1. Azaria Zakiah
2. Dimas Sayyid Machfudz
3. Mita Puspitasari

Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik:
1. Avina Nadhila Widarsa
2. Boby Muchromi Permanaputra
3. Yoga Pradipta Ramadhan

Fakultas Ekonomi:
1. Ahdiat Permana
2. Irvan Hanif
3. Tarinadiyya Shaliha
4. Mia Ayu Nurdiana
5. Nizarina Ruqqayah
6. Priyesta Rizkiningsih
7. Putri Hilma Afifah Angelia
8. Widya Sartika

Fakultas Teknik:
1. M.Idham Habibie
2. Nabila Edhiningtyas Damaiati
3. Noor Fajrina Farah Istiani
4. Zoraya Rachmi Pratiwi

Fakultas MIPA:
1. Bianca Loranza
2. Dhanang Hadi Pradipta
3. Kartika Febriani

Fakultas Kesehatan Masyarakat:
1. Faatimah Mahmudi Ismail
2. Vera Wira Utami

Ascova Bandung


STT Telkom:

1. Anggoro Nosa Adriansya

Universitas Parahyangan:

1. Kartika Devi Ariyanti

Univeersitas Padjajaran (UNPAD):

1. Arief Rahman Faishal__(Fakultas Kedokteran)
2. Ayu Sasmita Rany
3. Feby Ulfa Shillah
4. Fitriandika Nurenza
5. Putri Rahmi Mardius
6. Ratri Nahda Farhatty
7. Reza Arief Fadillah___(Fakultas Kedokteran)
8. Yanarita Anelindha Putri

Institut Teknologi Bandung (ITB):

1. Adinda Putri Ayu Mutiara (SF)
2. Aditya Ramadhan (FTI)
3. Affan Abdul Ghaffur (SBM)
4. Andita Sakti Putra (FTMD)
5. Annisa Eska Larasati (FTI)
6. Ardelia Maretta Ardana (STEI)
7. Ayunina Rizky Ferdina (SF)
8. Billqishty Aulia (FTI)
9. Danny Harfandi (FTI)
10. Dimas Ibnu Ramadhan (FTMD)
11. Fadila Paramitha (SBM)
12. Fakhri Rasyidi (SBM)
13. Fathin Saifur Rahman (STEI)
14. Febrian Budiarto (FTTM)
15. Feschilia Nidya (FTMD)
16. Hadiid Assidiq (FTI)
17. Haiti Nadewa Hirarosa (FSRD)
18. Hamida Amalia (SITH)
19. Hanifan Prafiadi (FTI)
20. Hasbuna Kamila (FMIPA)
21. Hilman Mauludin (STEI)
22. Idlhar Na’im (FTMD)
23. Ihwan Adam Ardisasmita (STEI)
24. Ilva Hanun Harlisa (FTI)
25. Israhadi (FTMD)
26. Khairul Umam Wicaksono (FSRD)
27. Lawinda Cempaka Nurti (FTI)
28. Meisa Soleha Azzafira (FTTM)
29. Miranti Intan Rahmani (STEI)
30. Mirrah Almirah (SF)
31. M. Bagir (FTI)
32. M. Bhayuta (FTI)
33. M. Fadillah Akbar (FTTM)
34. M. Taufan Adharsyah (FITB)
35. M. Taufan AlFarisi (FITB)
36. Nabilah Sabrina (STEI)
37. Nadhilah Rubiaty (FMIPA)
38. Nadine Nandanari (STEI)
39. Nadya Stephanie (SF)
40. Niki Tsuraya Yaumi (STEI)
41. Nurwenda Amini (FMIPA)
42. Prabu Adhi Wicaksono (FTSL)
43. R. Laksito Hedi Dwi Nugroho (FTMD)
44. Raisha Andina (STEI)
45. Ratih Pratiwi (FTSL)
46. Rizki Fitria Ramadhani (FTI)
47. Rizky Qinthara Syahriar (FTI)
48. Roby Dwiputra (SAPPK)
49. Sausan Atika Maesara (FTSL)
50. Siti Suri Printiasri (FTI)
51. Tri Aghna Satriya (FTMD)
52. Yulyan Wahyu Hadi (STEI)

Ket:
SF (Sekolah Farmasi)
FTI (Fakultas Teknologi Industri)
FITB (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian)
SAPPK (Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan)
SITH (Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati)
STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika)
FTTM (Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan)
FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)
FTMD (Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara)
FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain)
FTSL (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan)

.::One Wish::One Spirit::One Ascova::.

___________________________________________________
Mhn maaf bila ada kesalahan penulisan maupun fakultasnya atau pun univnya .
Kalo salah langsung Complain
Yg belum ada fakultasnya jg bisa complain

Ascova Jogja


1. Andini Juwan Prabandari__(Fakultas Kedokteran Umum)
2. Alfarouq Benbadri________(Fakultas Teknik/Teknik Arsitektur)
3. Dion Bagus Nugraha_______(Fakultas Teknik/Teknik Fisika/Teknik Nuklir)
4. Diani Sekaring Sejati____(FISIPOL/Ilmu Komunikasi)
5. Faisol Siddiq____________(Fakultas Kedokteran Umum)
6. Fityay Adzhani___________(Fakultas Kedokteran Umum)
7. Jupri Supriadi __________(Fakultas Teknik/Teknik Fisika/Fisika Teknik)
8. Rismauliarti_____________(Fakultas Teknik/Teknik Fisika/Fisika Teknik)

.::One Wish::One Spirit::One Ascova::.

TaJil…..sebuah ironi????


Berbicara masalah ta’jil, kita tentu masih teringat suasana Ramadhan yang sebulan lalu telah kita lewati. Suasana penuh keindahan yang Allah berikan pada kita hanya sebulan sekali.
Sedih…atau senang…. tergantung bagaimana kita menyikapinya. Tapi selayaknya, perasaan sedihlah yang harus hinggap di hati kita. minimal HINGGAP. Jangan sampai tak ada sedetikpun rasa sedih itu kita rasakan. Bayangkan, bila ada tamu istimewa datang ke rumah kita, seorang presiden, atau seorang ulama, tentu kita ingin ia berlama-lama berkunjung kerumah kita. Tatkala ia pergi, rasa haru pasti terasa.

Ya…itu sekedar sedikit flashback kita sebulan lalu. Bukan Ramadhan yang akan dibahas kali ini tapi kini ada satu masalah penting yang perlu kita cermati dan jadikan pelajaran, untuk bisa memberikan kita sebuah nasehat tentang liku kehidupan ini.

TAJIL…..aneh??

Tajil memang enak buat buka-bukaan pas ramadhan, eiiit..tapi tunggu dulu …tajil yang ini dilarang oleh agama lho. Apa sih ??? Jadi bingung….. lanjut Baca Selengkapnya..

Memanfaatkan Waktu


Berhitung…….mulai !
kalo umur manusia dirata-rata 60 tahun, terus setiap harinya mereka tidur 8 jam.

1 hari = 24 jam
1 minggu = 7 hari
1 bulan = 30 hari
1 tahun = 365 hari

Kalo kita hitung-hitung manusia tidur selama 20 tahun. Lama banget!. Lalu apa prestasinya? apa yang ia persembahkan untuk agamanya? Baca Selengkapnya..

Mensyukuri Kelulusan


Gundah gulana menunggu pengumuman Ujian Nasional akhirnya selesai juga. Tanggal 14 Juni yang lalu merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh siswa SMA, SMK dan MA. Tiada kata yang patut pertama kali kita ucapkan selain rasa syukur kepada Allah. Alhamdulillah. Atas perkenan-Nya kita bisa merasakan kenikmatan yang begitu besar bisa melewati masa-masa 3 tahun di SMA dengan hasil yang baik. Namun disamping itu, kita perlu membatasi kegembiraan kita agar jangan sampai luapan kegembiraan kita membuat sedih teman-teman yang belum berhasil melewati ujian ini. Rasa empati perlu kita berikan kepada mereka, karena mereka juga bagian dari teman-teman yang juga berkontribusi untuk keberhasilan kita selama 3 tahun. Kegembiraan yang berlebihan justru akan membuat mereka semakin sedih dan merasa terasing dari hiruk pikuk perayaan kelulusan. Oleh karena itu, wujudkan rasa syukur kita dengan perbuatan yang lebih bermanfaat. Sebagian cara kita untuk mensyukuri kelulusan ini:

1. Jangan mencoret-coret baju.

Masih banyak teman-teman kita membutuhkan seragam sekolah. Terutama bagi mereka yang hidupnya kekurangan. Seragam itu akan lebih bermanfaat daripada di coret-coret lalu disimpan atau dibuang. Sebagian berpikir seragam mereka disimpan untuk kenang-kenangan hari tua nanti. Tapi cukuplah prestasi yang membanggakan yang akan selalu melekat dalam ingatan kita sampai beberapa tahun yang akan datang

2. Berliburlah yang bermanfaat

Banyak dari mereka yang berkecukupan tak segan-segan untuk mengeluarkan uang berjuta-juta untuk liburan ke luar kota bahkan ke luar negeri. Tentu uang sebanyak itu akan lebih bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang kurang mampu, yang karena kendala ekonomi tak mampu lagi melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Berlibur juga harus bermanfaat, jangan sampai liburan yang kita lakukan justru akan menjauhkan kita dari Allah, lupa sholat, dan beralasan kalau liburan adalah waktunya bersenang-senang, tanpa peduli batasan dan aturan yang disyariatkan.

3. Jangan berhenti belajar

Liburan bukan berarti akhir dari segala perjuangan. Masih ada tantangan yang akan kita hadapi di tahun ajaran depan. Jadikanlah liburan ini sebagai masa transisi tugas kita dari seorang siswa menjadi mahasiswa. Persiapkan segala kebutuhan kita untuk menghadapi kuliahan dan kalau bisa periapkan materi pelajaran untuk kuliah tahun pertama agar kita tidak ‘kaget’ dengan materi kuliahan.

Baca Selengkapnya..

Detik-detik terakhir di Insan cendekia


Sebentar lagi, tahun ajaran 2007-2008 akan segera berakhir. 3 tahun di Insan Cendekia rasanya belum cukup untuk menempa diri menjadi muslim sejati. Namun, ini adalah pilihan. Justru setelah lulus insan cendekia inilah saatnya bagi kita untuk berusaha menjadi muslim sesunggguhnya. Dimana tidak ada lagi ‘paksaan’ untuk sholat berjamaah, tidak ada lagi ‘hukuman’ ketika telat ke masjid. Sekaranglah saatnya untuk belajar mengamalkan ilmu ikhlas dalam beribadah. Paksaan-paksaan yang kita terima adalah suatu pembelajaran untuk pembiasaan kita kelak. Bukankah kita dulu waktu masih kecil dipaksa oleh orang tua untuk mandi saat asyiknya bermain? dan sekarang mandi adalah kebutuhan kita yang harus kita laksanakan. begitu juga sholat berjamaah, ketika kita ‘dipaksa’ untuk ke masjid tepat waktu, itu sebenarnya adalah proses pembelajaran bagi kita untuk terbiasa melaksanakan sholat berjama’ah. Bukankah shalat jama’ah itu pahalanya lebih tinggi 27 kali lipat?. Kalau di insan cendekia saja kita bermalas-malasan ke masjid, mencari-cari alasan untuk tidak shalat jama’ah, bagaimana saat kita di luar insan cendekia? bagaimana ketika kita sudah lulus dan tinggal di tempat kos? sudah tidak ada lagi poin 4 sebagai hukuman, sudah tidak ada lagi push-up ketika telat ke kampus, sudah tidak ada lagi teguran dari pembina ketika kita tidak membereskan kamar.
Sungguh, adalah kerugian yang teramat besar bagi kita kalau tidak memanfaatkan sisa-sisa waktu di Insan Cendekia untuk menempa diri menjadi muslim sejati. Keep spirit and Ukhuwah!