cemas


Kita boleh mempersiapkan segala sesuatu tentang masa depan, bahkan harus. Namun tidak perlu terlalu khawatir berlebihan tentang apa yang akan terjadi.

Kecemasan itu muncul jika angan-angan terlalu panjang tanpa melibatkan kuasaNya. Takut apa yang akan terjadi tidak sesuai dengan keinginan. Cemas berlebihan jika mimpi-mimpinya tidak tercapai.

Ada 3 periode waktu dalam kehidupan kita, pertama masa lalu. waktu yang tidak akan pernah kembali lagi. ia sudah menjadi catatan sejarah yang telah dilalui, bisa penuh suka maupun bercampur duka. penting memang belajar dari masa lalu namun tidak perlu meratapi apa yang sudah terjadi. kita hanya perlu belajar memperbaiki kesalahan di masa lalu agar tidak terulang.

kedua, masa kini. inilah waktu tempat kita berada. disinilah semua ide dan harapan diwujudkan. apa yang kita nikmati hari ini adalah sekumpulan usaha yang dikerjakan di masa lalu. sedangkan yang dikerjakan hari ini adalah sekumpulan bekal untuk menata masa depan. kita hanya berusaha.

ketiga, masa depan. waktu yang belum tentu kapan dan berapa lama kita bisa merasakannya. nanti adalah masa depan. esok adalah masa depan. serta bulan dan tahun berikutnya adalah masa depan. kita tak pernah tahu sampai titik mana masa yang akan ditemui.

Salah satu cara menghadapi masa depan adalah dengan berbuat terbaik di masa kini. Rezeki sudah diatur, jodoh sudah diatur, usiapun sudah ditetapkan. Melibatkan Allah dalam setiap ikhtiar kita adalah cara terbaik menjalani masa kini, dan mempersiapkan masa depan. Tanpa kecemasan. Tanpa Kekhawatiran. Allah yang menjamin.

#CHSI #CatatanHarianSelepasIsya

About jupri supriadi

unzhur maa qaalaa walaa tanzhur man qaalaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: