Blame, Excuse, Denial


Salah satu penyakit yang sering muncul dalam dunia organisasi, entah itu dalam lingkup organisasi massa, komunitas bahkan perusahaan yaitu BED. Blaming, Excuse dan Denial. Tiga penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Kenapa disebut menyerang? karena mungkin saja tanpa sadar, seseorang yang menganggap dirinya terbebas dari sifat tersebut, ternyata melekat pada dirinya hal-hal negatif itu.

Pertama, Blaming: Selalu menyalahkan.

Cari aman. Cari muka. Cari Penghargaan. Begitulan ciri-cirinya, enggan disalahakan tapi sering menyalahkan. Mirip seperti orang main pingpong, jika dilempar bola, langsung dilempar ke lawannya. Jika mendapat suatu masalah langsung menyalahkan orang lain atas masalah tersebut. Cuci tangan? iya.  Namun, bila ada penghargaan, apresiasi, ia menjadi yang terdepat mengakuinya.

Kedua, Excuse: Cari-cari alasan.

Menghindar bila disalahkan, menyiapkan berbagai alasan jika ada kesalahn yang dilakukan atau yang disebabkan oleh dirinya. Tidak mau mengakui jika ada kekurangan, seolah ingin terlihat sempurna di depan, namun pada hakikatnya banyak kekurangan di belakang. Pecundang? iya.

Ketiga, Denial: Menolak, Menyangkal.

Jika diberikan arahan tidak sesuai dengan arahan. Diberikan nasehat tidak terima. Merasa diri paling berhak memberikan ide, bukan diberikan ide. Merasa diri punya kapasitas lebih, namun tdk pernah menerima masukan dari orang lain. Tinggi hati? iya.

About jupri supriadi

unzhur maa qaalaa walaa tanzhur man qaalaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: